Ganjar Pranowo Datangi Danau Toba, Didoakan Menang


TAPANULI UTARA
- Ganjar Pranowo, bakal calon presiden (Bacapres) 2024 bersilaturahmi dengan ribuan warga dan tokoh adat Batak di Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Minggu (12/11/2023). Di sana, Ganjar mendapat doa dari masyarakat untuk memimpin Indonesia.
 
Ganjar tiba di dermaga pelabuhan Kecamatan Muara, disambut oleh ribuan warga dan tokoh adat Batak di Tapanuli Utara. Mereka bergembira dan menyampaikan syukur dan doa kebaikan buat Ganjar. 

Kain ulos disematkan kepada mantan Gubernur Jawa Tengah itu, untuk kemudian menabur benih ikan di Danau Toba bersama para tokoh adat. 

Usai tabur benih ikan, Ganjar menengok stand UMKM kain ulos. Ia berdialog langsung dengan para pengrajinnya sekaligus melihat langsung bagaimana para ibu-ibu menenun. 

Saat itu, Ganjar di doakan Daniel Boru Simare, seorang nenek berusia 90 tahun. Berbahasa Batak, Ganjar didoakan untuk bisa menang dan menjadi pemimpin Indonesia 2024.

"Saya mendoakan Bapak menang dan menjadi presiden. Merdeka, merdeka, merdeka," kata Opung Daniel. 

Ganjar yang duduk di sebelahnya pun mengucapkan terimakasih. "Mauliate (terimakasih; Batak-red)," tutur Ganjar. 

Baru kemudian, politikus berambut putih itu menyapa dan memberikan pidato di hadapan ribuan warga Toba. 

"Tadi saya lihat, wow, indahnya luar biasa," ujar Ganjar. 

Selain keindahan alamnya, ditambahkannya, daerah Toba memiliki potensi alam dan manusia yang mengagumkan. Salah satunya adalah UMKM kain ulos asli buatan tangan warga lokal. 

"Tadi ditunjukkan produk UMKM bagus sekali. Kreasinya bagus. Jadi sebenarnya anak mudanya punya desain yang bagus, kemudian para seniornya yang bisa buat kerajinan yang sangat bagus dan indah sekali," tuturnya. 

Ganjar menegaskan bahwa sudah saatnya Danau Toba dengan segala kelebihannya dapat mendunia dan dikenal mancanegara. 

"Tadi saya minta agar narasi dari setiap corak yang ada, agar masyarakat yang ada di luar negeri mengerti. Mulai prosesnya, filosofinya, pewarnaanya, tahu bahwa ini memiliki teknik yang tinggi. Danau Toba dan ini area yang sangat cantik sekali, saya kira bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia," tegasnya. 

Sementara itu, Herda Sitompul, salah satu warga Toba mengaku senang bisa bertemu dengan Ganjar Pranowo. Baginya, Ganjar adalah sosok yang ramah dan merakyat. 

"Senang bisa ke sini. Pak Ganjar itu calon presiden. Saya doakan bisa menang," tandasnya. (*)

Sumber: tribunnews.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama